Selasa, 26 November 2013

Dasar-dasar Demokrasi Pendidikan dalam Pandangan Islam


Dasar-dasar  Demokrasi Pendidikan dalam Pandangan Islam


Acuan pemahaman demokrasi dan demokrasi pendidikan dalam pandangan ajaran islam rumusnya terdapat:
1.      Di dalam Al-Qur’an, antara lain sebagaimana tersebut di bawah ini:
a.        
öNèdãøBr&ur3uqä©öNæhuZ÷t/......ÇÌÑÈ
“....sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka...”(QS. Asy-Syura: 38)
b.
$tBurtb%x.â¨$¨Y9$#HwÎ)Zp¨Bé&ZoyÏmºur(#qàÿn=tF÷z$$sù4
      “ manusia dahulunya hanyalah satu umat, kemudian mereka berselisih..”(QS. Yunus: 19)
            Dari contoh ayat-ayat Al-Qur’an di atas dapat dipahami adanya prinsip musyawarah dan persatuan dan kesatuan umat sebagai salah satu sendi- sendi atau pilar-pilar demikrasi di samping pilar yang lain seperti tolong-menolong, rasa kebersamaan dan lain sebagainya.


2.      Hadits Nabi yang artinya:
“ Menuntut ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim (baik pria maupun wanita)
   Hadits tersebut mencerminkan bahwa di dalam Islam terdapat demokrasi pendidikan, di mana Islam tidak membeda-bedakan antara Muslim laki-laki maupun perempuan dalam hal kewajiban dan hak menuntut ilmu. Oleh karena itu, pendidikan harus disebarluaskan ke segenap lapisan masyarakat secara adil dan merata sesuai dengan disparitas yang ada atau sesuai kondisi jumlah penduduk yang dilayani.
Dalam upaya memberikan pelayanan yang memadai dan cukup, tentunya diperlukan sarana penunjang, tersedianya tenaga pendidik atau Pembina yang mampu dan terampil untuk mewujudkan tujuan sumber daya manusiayang berkualitas, dan menghasilkan warga Negara yang mampu mengembangkan dirinya serta masyarkat sekitarnya ke arah terciptanya kesejahteraan jasmani rohani dan dunia akhirat. Dengan demikian, untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin, untuk kepentingan hidup di dunia serta kehidupan kekal di akhirat, tidak boleh tidak umat Islam harus memperhatikan pendidikan, sebab semua ini sangat menentukan baginya terutama dalam fungsinya sebagai khalifah di muka bumi ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar