Rabu, 27 November 2013

Metode Bagi dua Pada Program Matlab





 cara membuat Metode Bagi Dua di program matlab:


 ketik yang di bawah ini pada M-FILE di MATLAB:





clear all;
clc;
disp('*************************************************************************************************        ')
disp('*                                     METODE NUMERIK                                              *')
disp('-------------------------------------------------------------------------------------------------')
disp('*                    Menghitung akar - akar persamaan dengan c                 *')
disp('*                   Jurusan Pendidikan Matematika  fakultas Tarbiyah dan Keguruan               *')
disp('*                                IAIN Antasari Banjarmasin                                      *')
disp('-------------------------------------------------------------------------------------------------')
disp('* Oleh  :                                                                                       *')
disp('* Kelompok      6                                                                               *')
disp('* Desy Kumala Sari(1101250695)                                                                  *')
disp('* Fitriati(1101250700)                                                                          *')
disp('* Muhlisah  (1001210718)                                                                        *')
disp('*************************************************************************************************        ')
disp('*                                                                                               *')
syms x;
f=input('Masukkan persamaan=');
a=input('Masukkan nilai a=');
b=input('Masukkan nilai b=');
e=input('Masukkan nilai epsilon=');
lebar=abs(b-a)/2;
r=0;
disp('  r       a          c          b        f(a)       f(c)       f(b)      lebar');
disp('---------------------------------------------------------------------------------');
clama=a;
cbaru=b;
while (lebar > e) & (clama ~= cbaru);
    fa=subs(f,x,a);
    fb=subs(f,x,b);
    clama=cbaru;
    c=(a+b)/2;
    cbaru=c;
    fc= subs(f,x,c);
    fprintf('%3.0f %10.6f %10.6f %10.6f %10.6f %10.6f %10.6f %10.6f \n', r, a, c, b, fa, fc, fb, lebar);
    if fa*fc < 0
    b=c;
    else
      a=c;
    end
    lebar=abs(b-a)/2;
    r=r+1;
end
akar = c;
fprintf('\nHampiran akar      = %10.6f\n', akar);
fprintf('Jumlah leleran     = %g\n', r);

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan      : MAN 2 Model
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Alokasi Waktu            : 2*45 menit
Tahun Pelajaran           : 2013/2014


I.              Kompetensi Dasar
     Memahami dan menetukan hubungan perbandingan trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika.
    
II.              Indikator            
Menentukan nilai Perbandingan Trigonometri sudut Istimewa

III.              Tujuan Pembelajaran    :
Diharapkan setelah pembelajaran siswa mampu menentukan nilai Perbandingan Trigonometri sudut Istimewa

VI.             Materi                              :
Buku siswa Matematika (Hal 261-265)

VII.          Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Metode/Model
Waktu
Guru
1.
Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan awal, guru:
a.       Mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam
b.      Menanyakan kabar
c.       Mengecek kehadiran siswa
d.      Meminta berdo’a
e.       Meminta siswa menyiapakan buku matematika
f.       Menjelaskan tujuan yang akan dicapai
g.      Appersepsi:
Memberitahukan kepada siswa bahwa akan didiskusikan mengenai nilai sinus, cosinus, tangen, dan kebalikannya untuk domain sudut dalam satuan derajat atau radian. Selain itu, nilai semua perbandingan tersebut juga akan dipelajari pada setiap kuadran dalam koordinat Kartesius.
Menciptakan Rasa ingin tahu siswa terhadap Nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa dengan mengajukan beberapa pertanyaan
1)      Siapa yang tahu apa itu Nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa
2)      Siapa yang tahu apa saja sudut istimewa itu


10 menit
2
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
*        Eksplorasi
a.       Mengajak siswa untuk mengamati materi mengenai nilai sinus, cosinus, tangen, dan kebalikannya untuk domain sudut dalam satuan derajat atau radian. Serta nilai semua perbandingan tersebut pada setiap kuadran dalam koordinat Kartesius.
b.      Menanya siswa tentang apa yang diamatinya guna merangsangnya untuk berpikir dan bertanya tentang yang belum dipahaminya, sehingga terjadi tanya jawab.
c.       Mengajak siswa untuk memehami contoh soal.
d.      Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan terhadap materi yang telah di pelajari.
*     

Elaborasi
a.       Meminta siswa untuk berpasangan dengan teman sebangkunya                                          
b.      Membagikan soal yang sama kepada setiap pasangan.
c.       Meminta siswa agar mengerjakan soal tersebut dengan pasangannya
d.      Memberikan waktu kepada siswa untuk mendiskusikan soal tersebut dengan pasangannya
e.       Setelah siswa selesai diskusi, setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan lain
f.       Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan. Masing-masing pasangan yang baru kemudian saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
g.      Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagi kepada pasangan semula
h.      Meminta satu pasangan yang bersedia untuk maju ke depan menulis hasil jawaban
i.        Memberikan reward kepada satu pasangan yang bersedia
*      Konfirmasi
a.       Membagikan soal yang sama kepada tiap siswa untuk dikerjakan sebagai tugas individu.
b.      Memberikan waktu  kepada siswa untuk mengerjakan tugas tersebut
c.       Meminta siswa mengumpulkan tugas mereka ke depan.



Tanya jawab


















Bertukar pasangan



40 menit




















20 menit




























15 menit
3.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
a.       Menyimpulkan materi yang dipelajari secara bersama-sama.
b.      Memberikan PR kepada siswa
c.       Memberikan nasehat-nasehat yang bermanfaat.
d.      Mengakhiri pelajaran dengan mengucapakan hamdalah dan salam.


5 menit

VIII.       Media Pembelajaran : papan tulis, spidol, caption

IX.        Sumber Materi          : Buku Paket Matematika kelas X kurikulum 2013

X.           Evaluasi                                 
Jenis Penilaian :
1.    Penilaian Afektif (proses) yaitu penilaian yang dilakukan oleh guru tentang keaktifan siswa proses belajar mengajar.
2.    Penilaian Kognitif yaitu penilaian yang dilakukan melalui latihan tertulis. (Bentuk Soal pilihan ganda ) Lampiran I

1.      Rubrik Penilaian Afektif (Proses)
Keaktifan siswa terhadap pembelajaran perbandingan nilai Trigonometri
No
Nama Siswa
Keaktifan
Jumlah skor
Nilai
Sangat Baik
Baik
cukup
Kurang
1
Ana






2
Arif






3
Fadly






4
Fahri






5
Muhlisah






6
Radiah






7
Randy






8
Rukayah






9
Syafi’e






10
Zulaikha







                      Keterangan:
·         Aspek yang dinilai:
1)     Kerjasama kelompok
2)     Keseriusan mengikuti pelajaran
3)     Keantusiasan dalam mengikuti pelajaran
4)     Kedisiplinan dalam proses pembelajaran
5)     Keaktifan dalam bertanya


2.      Rubrik Penilaian Kognitif (konsep)
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah
Skor
Nilai
1
2
1
Ana




2
Arif




3
Fadly




4
Fahri




5
Muhlisah




6
Radiah




7
Rahman




8
Rukayah




9
Syafi’e




10
Zulaikha




          
            Keterangan:
·         Aspek yang dinilai
1)     Siswa mengerjakan tugas di kelas
2)     Siswa mengerjakan Pekerjaan Rumah

                       



                                                                                       Banjarmasin, 22 November 2013

Mengetahui;
Kepala MAN 2 Model                                                                               Guru Mata Pelajaran    



   (                                              )                                                              (                                       )
NIP. 19531117 197903  1 001                                                          NIP. 19931115 201404 1 003